KDrama Review : Bad Family ( Served from Kitchen of a gangsta’ Family )

Cukup banyak drama series Korea yang dimulai dengan kata-kata “Bad”, Bad Family, Bad Couple, Bad Love, dan pendahulu series My Girlfriend is a Gumiho, Bad Guy. Dari semua series tersebut, terlepas dari bias altins terhadap Kwon Sang Woo di Bad Love, ataupun bias altins terhadap Super Junior, berhubung Kim Hee Chul main di series ini, drama inilah yang menempati posisi teratas dari semua series tersebut. Dan termasuk dalam daftar rekomendasi drama yang akan altins sarankan ( when my friends asked me ).

Bad Family, termasuk drama jadul ( bagi orang yang menganggap tahun 2006 adalah tahun jadul ).  Edit: Drama ini tayang di SBS, mulai dari 2006-Mar-22 sampai 2006-May-11. Bagi orang yang sudah tahu/nonton drama ini, dipersilakan untuk berhenti baca sampai disini.

Kalo ditanya kenapa drama ini bagus dan patut disarankan? Well, I have lots of reasons why. Pertama,this is a beautiful drama about family. Kedua, setiap tokoh yang terlibat dalam drama ini punya background story atau latar belakang cerita mengenai masa lalu mereka yang cukup solid, dan itu yang membuat drama ini menjadi “make-sense” dan berasa “real-life”-nya. Ketiga, happy ending for everyone.

Dalam 16 episode, selayaknya roller coaster, kita akan dibawa naik dan turun, kesel dan senang, nangis mewek-mewek, sampe ketawa cekikikan. Drama ini punya semuanya, dan poin yang patut dicatat, ketimbang berfokus pada cinta antara wanita dan pria, drama ini berfokus pada cinta dalam sebuah keluarga, yang cukup sederhana tapi kompleks juga. Dalam sebuah keluarga, ada cinta antara ayah dan ibu, cinta antara ayah ke anak perempuannya, cinta antara ayah ke anak laki-lakinya, cinta antara ibu ke anak perempuannya,cinta ibu ke anak laki-lakinya,cinta dari kakak perempuan ke adik laki-lakinya, cinta dari seorang kakak laki-laki ke kakak perempuan/adik perempuannya, cinta dari nenek/kakek. Dan semua jenis cinta tersebut terbungkus dengan manis dalam drama ini. Kudos to the scriptwriter and director.

So,here it goes…bad family….served straight from the kitchen of a gangster ( disajikan langsung dari dapur seorang gangster )…hehehe

Karakter:

Baek Na Rim ( diperankan oleh Lee Young Yoo )

Suatu hari yang cerah di musim gugur, seorang gadis kecil berumur 7 atau 8 tahun, usia yang cukup untuk mulai mengingat dan mengerti banyak hal, namun masih terlalu muda untuk mengerti hidup dan permasalahannya. Di hari yang cerah ini,si gadis kecil akan pergi bersama keluarganya. Kakek yang menjadi fondasi keluarga. Nenek yang hangat dan bijak. Ayah yang seorang pebisnis dan selalu penuh senyum. Ibu yang adalah seorang ibu rumah tangga yang penyayang. Paman, adik laki-laki ayah yang memanjakan si gadis kecil tersebut habis-habisan. Seorang kakak perempuan dan laki-laki yang jauh lebih tua dan sangat peduli pada si gadis kecil.

Hidup si gadis kecil itu bak cerita putri dalam dongeng, dipenuhi dengan cinta keluarganya. Tentu saja, si gadis kecil, yang bernama Baek Na Rim, adalah seorang gadis kecil yang cantik, baik dan selalu tersenyum kepada siapa saja. Dan sekarang bayangkan, di hari yang cerah itu, Baek Na Rim kehilangan segalanya dalam sekejap mata. Sebuah kecelakaan mobil yang dinaiki Na Rim dan keluarganya merebut semua orang dalam keluarga yang bahagia itu, kecuali Na Rim. Sudah jatuh tertimpa tangga pula, yatim piatu Na Rim pun mengalami dampak dari kecelakaan, Na Rim terkena amnesia dan ia menolak berbicara dengan siapa saja. Keluarga besar yang bahagia dengan wajah setiap anggota keluarga yang samar-samar, hanya itulah yang terpatri dalam ingatan Na Rim.

Paman Na Rim, adik laki-laki dari Ibu Na Rim, satu-satunya keluarga yang tertinggal mencoba menolong Na Rim. Paman Na Rim curiga siapa tahu Na Rim bisa mengingat hari tragedi itu dan bisa mengingat orang yang menyebabkan kecelakaan itu. Na Rim harus mendapatkan ingatannya kembali. Namun, bagaimana caranya? Dengan berpura-pura bahwa kecelakaan itu tidak pernah terjadi, ia perlu menciptakan suatu kondisi yang dikenali alam bawah sadar Na Rim. Sebuah keluarga besar, dimana Na Rim tinggal. Paman Na Rim berharap dengan menciptakan “sebuah keluarga” bagi Na Rim, Na Rim dapat pulih dari amnesianya dan mengingat dengan jelas hari tragedi tersebut.

************************************

Paman Palsu : Oh Dal Gun ( diperankan oleh Kim Myung Min )

Mantan gangster yang diusir oleh bosnya, dan kini sedang “bertobat” dan ingin mencari nafkah dengan jalan halal. Suatu hari, seseorang menawari Dal Gun sebuah bentuk pekerjaan yang unik dengan bayaran yang cukup menggiurkan. Dal Gun hanya perlu berpura-pura untuk menjadi seorang paman dalam sebuah operasi “Pembentukan Keluarga Palsu”. Bukan itu saja, Dal Gun perlu mencari enam orang lain untuk terlibat dalam operasi tersebut.

Dal Gun kemudian mencari enam orang lain untuk berperan menjadi Kakek, Nenek, Ayah, Ibu, Kakak perempuan (unni), Kakak laki-laki (oppa), dan Dal Gun sendiri akan menjadi si Paman, adik laki-laki dari Ayah Na Rim.

************************************

Kakak Palsu : Kim Yang Ah ( diperankan oleh Nam Sang Mi )

Yang Ah adalah satu-satunya penanggung jawab bagi ketiga adik laki-lakinya yang masih kecil, setelah kematian kedua orang tuanya. Satu-satunya harta yang tersisa adalah kapal penangkap ikan yang sudah tua. Dengan kapal itulah, Yang Ah bekerja mencari nafkah untuk adik-adiknya. Karena suatu kecelakaan, Dal Gun terpaksa “membajak” kapal Yang Ah, dan tidak sengaja mengakibatkan kapal tua itu terbakar. Yang Ah menagih biaya ganti rugi kepada Dal Gun.

Dal Gun yang tidak punya uang pun, akhirnya menawarkan posisi Unni kepada Yang Ah. Selain itu, Na Rim sudah terlanjur menganggap Yang Ah sebagai unni-nya. Terpaksa Yang Ah mengiyakan, karena tidak ada cara lain bagi Dal Gun untuk membayar biaya ganti rugi kepada Yang Ah.

************************************

Kakek Palsu : Jang Hang Gu ( diperankan oleh Im Hyun Shik )

Hang Gu adalah seorang pria tua genit yang menjadi instruktur dansa. Hang Gu tinggal sebatang kara, tanpa sanak saudara. Satu-satunya hartanya yang berharga adalah studio dansanya dan kemampuan berdansanya. Namun semua itu terancam disita. Dal Gun merekrut Hang Gu sebagai Arabuchi bagi Na Rim. Hang Gu menyajikan kakek yang berbeda 180 derajat dari gambaran seorang kakek pada umumnya. Hang Gu adalah seseorang yang genit dan tidak pernah benar-benar dewasa. Seringkali ia flirting dengan Yang Ah, unni Na Rim. Suatu hari, pemeriksaan rutin kesehatan Arabuchi Hang Gu membuktikan ia terkena kanker dan perlu perawatan. Hang Gu tidak ingin anggota keluarga yang lain mengetahui penyakitnya. Namun, saat anggota keluarga yang lain mengetahui penyakit Hang Gu, akankah mereka membiarkan si kakek genit ini untuk bergulat sendiri melawan kankernya?

************************************

Nenek Palsu : Park Bok Nyu ( diperankan oleh Yeo Woon Kye )

Bok Nyu adalah seorang wanita tua penjual mandu ( dumpling ) di pasar tidak jauh dari studio dansa Hang Gu. Berlawanan dengan nenek asli Na Rim yang adalah seorang wanita tua yang berbicara dengan lembut dan menyayangi anak, mantu dan cucunya. Bok Nyu adalah seorang wanita dengan perilaku yang buruk dan kasar. Ia berbicara kasar kepada siapa saja, dan dilengkapi dengan kebiasaannya yang non-higienis. Seorang wanita tua yang selalu mengatakan apa yang terpikirkan pertama kali.

Nenek yang jorok dan suka berkata-kata kasar ini ternyata adalah istri pertama yang dicampakkan. Setelah dicampakkan oleh suaminya demi wanita lain, Bok Nyu yang dikecewakan mencoba bangkit dan hidup bagi dirinya sendiri. Sifatnya yang kasar semata-mata dilakukan Bok Nyu untuk menyembunyikan kekecewaan dan kepahitan yang ada didalam hidupnya. Namun siapa sangka, suami pertamanya yang sekarat mencoba menemui Bok Nyu dan meminta maaf. Bok Nyu ingin membuktikan bahwa walaupun ia dicampakkan, namun Bok Nyu dapat tetap hidup bahagia. Saat anggota keluarga yang lain mengetahui kisah hidup wanita tua si penjual mandu, apa yang mereka lakukan? Apakah mereka membiarkan si Halmuni Bok Nyu menghadapi mantan suami pertamanya sendirian?

************************************

Ayah Palsu : Jo Gi Dong ( diperankan oleh Kang Nam Gil )

Gi Dong adalah seorang penagih hutang yang tidak berani menghadapi konfrontasi dan selalu mengalah. Ia dianggap seorang yang pengecut. Namun, aslinya, Gi Dong adalah orang yang lembut, baik hati, dan tidak suka berbicara kasar, ia juga tidak memiliki rasa percaya diri dan kurang menghargai dirinya sendiri. Gi Dong direkrut oleh Dal Gun menjadi Ayah Na Rim. Ayah Na Rim yang asli adalah orang yang karismatik dan seorang presiden dari sebuah department store yang dimiliki keluarga.

************************************

Ibu Palsu : Uhm Ji Sook ( diperankan oleh Geum Bo Ra )

Ji Sook adalah wanita dengan sifat yang bertentangan dengan sifat seorang ibu, terlebih Ibu asli Na Rim yang baik hati, dermawan dan penyayang. Ji Sook adalah wanita yang berpikiran sempit, egois, dan memikirkan dirinya sendiri. Ji Sook juga tidak segan-segan menggunakan kelebihannya sebagai wanita untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Sebelum direkrut oleh Dal Gun, Ji Sook menjual kopi  dengan gerobaknya di pasar.

Namun suatu insiden membawa pasangan ayah palsu dan ibu palsu ini. Insiden apakah itu? Namun yang pastinya, berkat insiden ini,si ayah pengecut akhirnya mampu berdiri untuk membela keluarganya, dan si ibu palsu yang egois akhirnya menyadari bahwa ia bukan hanya mampu mencintai dirinya sendiri, namun ia juga mampu mencintai orang lain.

************************************

Abang Palsu : Gong Min ( diperankan oleh Kim Hee Chul )

Sama seperti Yang Ah, Gong Min direkrut oleh Dal Gun untuk menjadi abang Na Rim, bukan karena Gong Min berhutang kepada Dal Gun. Suatu malam, Dal Gun menemukan Gong Min di tumpukan sampah,dan kemudian membawanya pulang dan menawarkan peran abang palsu Na Rim. Gong Min yang berambut pirang, termasuk orang yang ramah dan disenangi banyak orang. Gong Min cukup akur dengan anggota keluarga yang lain, dan Gong Min cukup senang dapat ambil bagian dalam usaha membantu Na Rim memperoleh kembali ingatannya.

Namun, siapa sangka dibalik penampilan polos Gong Min, Gong Min sebenarnya adalah cucu dari seorang yang kaya raya. Gong Min kabur dari rumahnya, setelah mengetahui bahwa ia adalah anak angkat. Dengan menjadi anggota keluarga palsu Na Rim, Gong Min belajar arti sebuah keluarga ( ikatan yang disatukan oleh cinta dan bukan darah semata ). Gong Min pun tumbuh dari seorang pemuda yang ugal-ugalan menjadi seorang pria dengan insting bisnis yang luar biasa. Gong Min nantinya membantu usaha mandu Nenek, dari kios kecil menjadi pabrik mandu dan melayani pesanan, dan membantu upaya untuk membayar biaya pengobatan Kakek. Di drama ini juga akan dikisahkan, kisah percintaan antara Gong Min, dengan “noona”-nya.

Plot Cerita:

Konflik dalam drama ini tidak terlalu dipaksakan, dan benar-benar bisa didapati di dunia nyata. Tokoh antagonis dalam series ini adalah seorang pria pengusaha. Si pria pengusaha ini mungkin sebenarnya orang baik, hanya karena ia membuat pilihan-pilihan yang salah dalam hidupnya. Si pria ini tidak bermaksud membunuh seluruh keluarga Na Rim, namun bisa dikatakan ialah penyebab utama kecelakaan yang merenggut keluarga Na Rim. Bukannya bertanggung jawab, si pria pengusaha ini justru malah terjebak dalam usahanya menutupi semua kejahatannya.

Paman Na Rim, saudara laki-laki dari pihak Ibu Na Rim, yang mendapat hak perwalian atas Na Rim, sangat peduli pada Na Rim. Ia ingin agar ingatan Na Rim kembali, dan orang yang menyebabkan kecelakaan itu dapat dihukum sepantasnya. Berinisiatiflah Paman Na Rim untuk membentuk keluarga palsu sementara, sampai ingatan Na Rim bisa pulih.

Oh Dal Gun awalnya menerima pekerjaan ini semata-mata karena ia membutuhkan uang. Bersusah payah ia mencari orang-orang yang cocok untuk menempati posisi anggota keluarga Na Rim. Tapi siapa sangka, keluarga yang dibentuk Dal Gun, ternyata adalah keluarga dengan tingkat “perkelahian” tertinggi. Mulai dari Nenek palsu yang suka mengkritik Ibu palsu, Kakek palsu yang menyimpan perasaan cinta terhadap Ibu palsu, yang seharusnya menjadi menantunya, Paman dan Kakak yang suka berkelahi, dll.

Tapi siapa sangka, ternyata masing-masing anggota keluarga ternyata memiliki masa lalu mereka masing-masing. Seperti ada pepatah bilang, “biasanya setelah engkau berkelahi dengan sahabatmu, setelah itu hubungan kalian akan lebih dekat dari sebelumya.” Begitu juga yang terjadi dalam drama ini. “Mengurung” 7 orang dewasa dalam satu rumah yang sama sekali tidak ada hubungan apa pun, hanya berdasarkan atas kecintaan-akan-uang-atau-ambisi-pribadi. Namun, saat mereka semua dihadapkan dengan musibah yang dialami Na Rim, mereka spontan merasa hidup Na Rim lebih sengsara dibandingkan hidup mereka sendiri. Dan perlahan tapi pasti, orientasi mereka berubah. Jika pada awalnya mereka hanya ingin menyelesaikan “pekerjaan” ini secepatnya, seiring berjalannya waktu, mereka menaruh perhatian dan rasa sayang terhadap Na Rim.

Selama periode mereka tinggal bersama sebagai keluarga Na Rim, silih berganti musibah dan masalah datang. Mulai dari penyakit, masa lalu Nenek, usaha mandu Nenek, percintaan Ayah dan Ibu palsu yang tidak disangka-sangka. Tapi, siapa yang mengira bahwa masalah dan bencana yang datang silih berganti, justru membuat mereka semakin dekat, peduli dan menyayangi satu sama lain.

Chemistry

Sedikitnya ada 4 kisah percintaan yang dapat ditemui di drama ini. Cukup banyak untuk drama berdurasi 16 episode. Mereka antara lain: Kakek dan Nenek palsu, Ayah dan Ibu palsu ( beserta bayi mereka yang akan lahir ), Paman Dal Gun dan Kakak Yang Ah, juga Abang Gong Min dan seorang noona ( teman Yang Ah yang sama-sama bekerja di pasar ).

Dari semua kisah percintaan yang disebutkan diatas, bisa dikatakan tidak ada chemistry yang “membara” seperti Lee Jin Soo dan Seo Eun Young ( Coffee House ), atau pasangan identik Go Eun Chan – Choi Han Kyul ( Coffee Prince ). Namun, bisa dikatakan ada perasaan puas dan nyaman bila membayangkan keempat pasangan tersebut.

Dan satu hal lagi yang perlu ditekankan disini, bagaimana perkembangan setiap karakter yang terlibat sebagai keluarga palsu Na Rim. Umumnya mereka semua adalah orang yang biasa-biasa, dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang biasanya hanya disibukkan dengan kebutuhan dan kepentingan pribadi. Namun, kemudian mereka “dikenalkan” dengan Na Rim dan keadaan yang Na Rim alami. Ironis memang bahwa mereka tadinya berpikir hidup merekalah yang lebih sengsara, sampai mereka bertemu Na Rim. Tapi, ini juga adalah “blessing-in-disguise” ( berkat terselubung ).

Tidak butuh alur cerita yang luar biasa atau bertabur bintang yang keren, ganteng dan cantik untuk bisa membuat sebuah drama dikatakan sukses, atau cerita tragedi yang mengenaskan. Yang membuat Bad Family begitu “memorable” adalah gabungan semua unsur-unsurnya. Para pemerannya, alur cerita, keseimbangan antara tangis-dan-tawa. Setelah menonton series ini, mungkin kita akan lupa nama karakter yang ada di series ini. Tapi satu hal yang tertinggal adalah perasaan nyaman dan senang yang didapat dari series ini. Drama ini juga cocok ditonton bareng dengan anak-anak, keponakan, sepupu yang masih kecil atau oma-opa kita, karena ini termasuk series kocak yang cocok untuk semua kalangan usia.

Dan diakhir cerita, biarlah kita akhiri dengan menyanyikan lagu, “I love my mother, I love my father, I love my sister, and my brother..”

********************************

source :koreaindo

~ oleh Sevtian pada Agustus 30, 2010.

Satu Tanggapan to “KDrama Review : Bad Family ( Served from Kitchen of a gangsta’ Family )”

  1. Sepertinya drama yang menarik. Saya sedang mencari drama yg dimainkan oleh Kim Hee Chul. Terima kasih infonya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: